searching material

Tips Memilih Tukang

Tukang merupakan elemen penting dalam membangun sebuah rumah. Memilih tukang yang tepat memang bukan pekerjaan yang mudah. Berikut cara untuk mencari pekerja dan sistem pengupahannya :
Pada dasarnya, sistem pengupahan dibedakan menjadi 2 macam yaitu sistem pengupahan harian dan borongan. Sistem harian sebaiknya  dilakukan jika pemilik rumah mempunyai waktu yang cukup untuk mengawasi pekerjaan.


Untuk sistem harian, pemilik rumah harus menyiapkan material secara matang agar tukang tidak ada kesempatan untuk mengganggur, artinya segala yang di butuhkan untuk keperluan dalam pekerjaan tukang baik itu dalam bentuk bahan material ataupun peralatan. Kemudian pemilik rumah harus bisa memberi pengarahan apa saja yang perlu di kerjakan, jika anda kurang paham mengenai hal ini sebaiknya anda minta penjelasan pada arsitek atau kepada konsultan anda. Bila mana di perlukan sediakan gambar kerja untuk dijadikan acuan dalam pekerjaan, jika anda menggunakan jasa arsitek biasanya paket desain sudah disertakan berikut gambar kerjanya. Gambar kerja sederhana adalah terdiri dari gambar denah bangunan  tampak/muka bangunan, gambar potongan bangunan juga gambar model ukuran kusen. Hal ini dilakukan agar pekerjaan tukang bisa terorganisir bahkan pekerjaannya bisa simultan artinya pekerjaan apa saja bisa di lakukan bersama-sama tanpa menggangu pekerjaan yang lain. 
Sementara dalam sistem borongan, ada dua macam pola yaitu sistem borongan upah dan sistem borongan upah dan bahan. Pada sistem borongan upah adalah sistem pembayaran yang dilakukan atas dasar hasil dari pekerjaan yang sudah dilakukan sementara untuk bahan material serta peralatan pemilik yang menyiapkan. Kemudian untuk system borongan keseluruhan adalah sistem pembayaran yang dilakukan atas dasar tenaga dan bahan yang di gunakan dan pemilik rumah hanya tinggal terima jadi atau terima kunci.
Sebelum akhirnya memilih salah satu sistem borongan, hendaknya dipertimbangkan dahulu waktu yang diperlukan, tingkat kesulitan dalam pekerjaan dan penggunaan bahan material yang disesuaikan dengan model dan desain rumah yang di harapkan, sehingga apa yang menjadi keinginan pemilik bisa terwujud seperti model dan desain rumah yang di harapkan, tentunya sesuai dengan kwalitas bahan dan hasil pekerjaan yang baik. shony m

6 komentar:

Anonymous said...

Saya gak begitu Paham sama yang namanya bangunan, apalgi untuk memilih tukang pak, setau saya tukang bangunan itu kalu ditanya ahli atau bisa, ya jawabannya pasti bisa...gitu..good artikelnya..

Anonymous said...

Pk Harga borongan Upah tukang sekarang berapa ya? mohon di email ke choy_33@yahoo.co.id

Anonymous said...

untuk mengetahui borongan ada standarnya enggak? misalnya permeternya berapa, kalau ada standar pemerintah, thnaks

Anonymous said...

choy_33: (Pk Harga borongan Upah tukang sekarang berapa ya? mohon di email ke choy_33@yahoo.co.id) maksud bpk mungkin harga borong upah saja ya? untuk harga borong upah biasanya rata-rata berkisar antara 200 rb - 500 rb per meternya, tergantung kesepakatan negosiasi dengan pemilik rumah...

Anonymous said...

pak berapa kira2 harga borongan tukang yang standart ,kalau buat ruko 14 x 9 2 lantai??? ada pemborong nawarin saya dengan harga 85 juta(5 tukang+7 kenek lama pengerjaan 4bln).apakah ini tidak kemahalan pak?? tolong pak balas ya ke buanatradindojkt@yahoo.co.id.thanks

Unknown said...

ada kenalan tukang bangunan harian yang rapi ga pekerjaaanya pak, lokasi dijakarta, email :antonywoi@gmail.com

Post a Comment

Copyright © 2011 Perencana Ruang | Splashy Free Blogger Templates