searching material

Pondasi Batu Kali

Pondasi menerus biasa di gunakan untuk pondasi dinding, terutama digunakan pada bangunan rumah tinggal tidak bertingkat, seluruh beban atap/ beban bangunan umumnya dipikul oleh dinding dan diteruskan ke tanah melelui pondasi menerus sepanjang dinding bangunan.

Untuk bangunan kecil diatas tanah baik, pondasi menerus dinding setengah bata cukup diletakan pada kedalaman 60 - 80 cm, sedang konstruksi pondasi cukup dari pasangan batu kali, lebar dasar pondasi umumnya tidak kurang dari dua setengah kali tebal tembok.

 
Di atas pondasi batu perlu dipasang balok sloof beton bertulang yang berfungsi sebagai balok pengikat dan juga dapat meratakan beban dinding.
Untuk dinding yang memikul beban agak berat atau karena daya dukung tanah kecil, digunakan pondasi jalur pelat beton.
Untuk menambah ketahan bangunan terhadap gempa, pondasi sebaiknya dibuat menerus sekeliling bangunan tanpa terputus, juga untuk pondasi dinding penyekat dibuat menerus agar lebih kaku/kokoh. Shony M

4 komentar:

Anonymous said...

pak rumah saya berdiri di atas tanah urugan, ternyata memang bangunan sedikit amblas, kalau dipasang batu kali, berapa kedalaman yang diperlukan? terimakasih mohon jwbanya email ke ddd_12@hotmail.com

PR said...

ddd_12= sebaiknya jika pondasi bpk di atas tanah urugan, pastikan kedalaman tanah aslinya di ketahui....selengkapnya sy kirim lewat email..terimakasih

BRANG REA said...

SAYA BERENCANA BANGUN RUMAH UKURAN 12 X 7 M. DAERAH SAYA DAERAH BANJIR JADI RENCANA TINGGI PONDASI 1,5 M. DENGAN RINCIAN UNTUK BAGIAN DEPAN DIBUAT LANTAI 2 DENGAN UKURAN 5,5 M X 7 M PLUS 3,5 M X 3,5 M. KIRA-KIRA BERAPA BIAYA UNTUK PONDASI DENGAN KONTRUKSI SEPERTI ITU.

cupee said...

pak mohon di berikan lagi penjelasan mengenai pembuatan pondasi bangunan 2 lantai pada tanah urugan..kebetulan saya mau membuat rumah tp takut ambruk krn diatas tanah urugan..
terima kasih banyak...

Post a Comment

Copyright © 2011 Perencana Ruang | Splashy Free Blogger Templates